Dinsos PPU Gelar Rapat Kerja Tahunan dengan Semangat Serambi Nusantara

21 Juni 2023

Administrator

151

Dinsos PPU Gelar Rapat Kerja Tahunan dengan Semangat Serambi Nusantara

Penajam – Dinas Sosial (Dinsos) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar rapat kerja tahunan di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Penajam, Rabu (21/06/203). Repat kerja ini mengangkat tema “Dengan Semangat Serambi IKN kita Tingkatkan Sinergitas Untuk Kesejahteraan Sosial.” Kegiatan ini mengundang Abd Gapur sebagai narasumber dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia PPU.

Kepala Dinsos PPU Bagenda Ali menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan guna meningkatkan sinergitas antarbidang demi lancarnya pelayanan Dinsos terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). PPU sebagai Serambi Nusantara menjadi pemicu bagi Dinsos untuk turut andil dalam kaitannya dengan kesejahteraan sosial. Dampak dari adanya IKN akan memengaruhi PPU secara sosial yang juga menjadi tanggung jawab Dinsos dan perangkat daerah lainnya.

Sekretaris Dinsos Evi Viola Violeta menambahkan sinergitas antarbidang diperlukan karena program yang dikerjakan akan dikenal atas nama Dinsos, bukan bidang masing-masing. Rapat kerja kali ini bertujuan untuk memperbaiki internal Dinsos, termasuk diantaranya mengenai kedisiplinan dan kinerja. Untuk itu, BKPSDM PPU diundang sebagai narasumber untuk menjelaskan hal tersebut. Abd Gapur sebagai narasumber menjelaskan perihal Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) berdasarkan kinerja, manajemen Tenaga Harian Lepas (THL), kedisiplinan pegawai, dsb.

Dalam rapat dipaparkan pula kinerja masing-masing bidang pada tahun 2022 dan 2023, salah satunya perihal Pengelolaan Data Fakir Miskin Cakupan Daerah Kabupaten/Kota. Dinsos PPU baru saja menggelar sosialisasi pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Kamis (15/06/2023) lalu. DTKS merupakan data acuan dalam program penanganan fakir miskin dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Masyarakat dapat mengajukan diri maupun orang lain secara online melalui aplikasi Cek Bansos dan akan diverifikasi oleh Dinsos PPU. Saat ini, terdapat sekitar 80 ribu masyarakat PPU yang terdaftar dalam DTKS. Selain mendaftar secara online, masyarakat juga dapat mengajukan melalui RT setempat.

Selain pemaparan program, disampaikan pula keterbatasan yang dihadapi oleh Dinsos PPU secara umum berupa anggaran yang minim.

“Kalau kendala, ya tadi kita ini kan minim banget anggaran. Tadi temen-temen udah bilang. Anggaran di Dinsos itu per bidang saja cuma puluhan juta. Padahal kita pengen banget berbuat sesuatu yang ini kan (besar),” ungkap Evi.(Nis/*DiskominfoPPU)